Tips Mudah Membudidayakan Alpukat di Pot Agar Cepat Berbuah

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Salah satu buah tropis ini terkenal dengan kandungan nutrisinya yang begitu penting dan baik bagi tubuh. Dan tak hanya itu saja, rasanya yang lezat membuatnya banyak difavoritkan. Jika anda memang menggemari buah alpukat, dibandingkan membelinya terus menerus di pasar atau market mengapa tidak mencoba menanamnya sendiri di rumah. Mungkin banyak orang yang

 

beranggapan jika buah alpukat hanya bisa ditanam di pekarangan yang luas. Namun sebenarnya anda bisa membudidayakan buah alpukat di pot untuk ditanam di halaman rumah nantinya. Bagaimana cara menanam buah alpukat di dalam pot? Berikut ini tips yang bisa anda coba. 

Baca Juga : 3 Jenis Alpukat Jumbo

Pembibitan Alpukat

Cara pertama dalam membudidayakan alpukat di pot bisa dilakukan dengan pembibitan tanaman alpukat. Anda bisa menggunakan 3 cara, yaitu dengan mencangkok, melalui biji alpukat, maupun okulasi atau sambung pucuk. 

1. Melalui Cangkok

Jika anda memilih pembibitan melalui cangkok, pastikan untuk memilih cabang yang subur, tidak punya banyak cabang baru, dan juga tidak terlalu muda ataupun tua. Pastikan juga riwayat buah cukup baik, mulai dari rasa, ketahanan terhadap hama dan penyakit serta lainnya.

Setelah pencangkokan siap, anda bisa menempatkan bibit alpukat yang sudah jadi di tempat yang teduh dan siram secara rutin. Jangan lupa melakukan perawatan hingga nantinya tumbuh akar banyak yang kemudian dipindakan ke lahan tanam.

 

2. Menggunakan Biji

Pembibitan tanaman alpukat juga bisa dilakukan dari biji. Untuk menggunakan cara ini anda bisa melakukan penyemaian terlebih dahulu. Biji dari alpukat yang telah tua diambil dan kemudian dijemur kurang lebih 3 jam. Setelah itu tempatkan di tempat yang teduh. Anda bisa melakukan penyemaian biji pada polybag dan kemudian lakukan perawatan hingga tumbuh menjadi bibit (ketinggian 1 meter). Setelah itu baru siap untuk dipindahkan ke lahan tanam

3. Menggunakan Cara Okulasi (Sambung Pucuk)

Cara lainnya untuk pembibitan tanaman alpukat di pot bisa dilakukan dengan sambung pucuk. Jika anda ingin tanaman alpukat yang anda tanam cepat berbuah, maka anda bisa pilih cara berikut ini. Ambil saja tunas pohon alpukat yang sudah berbuah untuk batang atas, kemudian pohon alpukat hasil dari semai biji akan menjadi batang bawah. 

Siapkan Tempat Untuk Penanaman Alpukat

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyiapkan tempat untuk menanam, dan pada kali ini wadah yang digunakan adalah pot. Penting untuk diperhatikan jika pilihlah pot yang ukurannya sedikit besar mengingat tanaman ini dapat tumbuh membesar serta membutuhkan nutrisi lebih banyak bagi pertumbuhan. Kira-kira gunakan pot yang berukuran diameter 40cm dan tinggi 45cm.

Setelah itu pastikan jika pada dasar pot memiliki lubang yang dapat mengalirkan sisa air penyiraman sehingga akar tidak terendam. Anda bisa menggunakan pot jenis apapun, baik tanah liat, plastik, semen, logam, dan kayu. Namun sangat baik untuk memilih jenis pot tanah liat dan kayu karena memiliki pori-pori yang membuat temperatur dan kelembaban tanaman lebih stabil.

Siapkan Media Tanam

Untuk media tanam alpukat di pot, bisa menggunakan campuran tanah, kompos/pupuk kandang, arang sekam. Gunakan perbandingan 1:1:1, untuk persyaratan media tanam alpukat harus dapat menyimpan air serta memasok nutrisi yang dibutuhkan pertumbuhan tanaman alpukat

Mulai Penanaman Bibit Alpukat Di Pot

Setelah pemilihan bibit tanaman alpukat, media tanam, dan tempat penanaman sudah disiapkan maka kini anda bisa memulai menanam bibit tanaman alpukat. Siapkan bahan media tanam dan campurkan bahan-bahan tersebut hingga teraduk merata. Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, masukkan pecahan genteng atau potongan styrofoam hanya satu lapis saja. Bisa juga anda tambahkan 1 lapis sabut kelapa diatasnya. Setelah itu isi media tanam ke dalam pot hingga setengah dari tinggi pot.

Kemudian buka polybag bibit alpukat dan tempatkan di tengah-tengah pot. Atur tanaman agar tegak lurus dan timbun hingga pangkal batang. Padatkan tanaman dan jangan lupa untuk menyiram dengan air serta memberikan pupuk secara rutin. Namun ingat lakukan penyiraman dan pemupukan secukupnya, jangan berlebihan. 

Taruh Tanaman di Tempat yang Teduh

Penting untuk dipahami jika anda ingin membudidayakan tanaman alpukat di pot, apstikan untuk meletakkannya di tempat yang terbuka namun tetap teduh. Jangan sampai terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini ditujukan agar pertumbuhan tanaman tidak terkena stress berat yang diakibatkan dehidrasi tinggi ketika perlakuan stress air. 

Selama masa pertumbuhan, jangan lupa untuk terus mengamati pertumbuhan tanaman alpukat di pot tersebut. Pembudidayaan tanaman alpukat ini tidak terbilang sulit, yang paling penting adalah bagaimana anda rutin merawat tanaman sehingga nutrisinya tercukupi. 

 

Sumber:

https://www.bibitbuahku.com/

https://www.liputan6.com/properti/read/2498189/ikuti-7-langkah-mudah-tanam-alpukat

https://tamaninspirasi.com/mudahnya-budidaya-alpukat-dalam-pot/

https://www.rumah.com/berita-properti/2016/5/124037/cara-mudah-menanam-alpukat