Pengertian Mukjizat & Macamnya

Istilah mukjizat sudah tidak asing lagi tentunya bagi kita semua, karena pada zaman dahulu mukjizat sudah sangat sering terjadi pada nabi dan rasul kita.

Mukjizat adalah suatu bentuk kejadian maupun segala sesuatu yang terjadi di luar nalar manusia atau diluar kemampuan manusia pada umumnya, yang semua itu terjadi atas izin dari Allah SWT.

Untuk mengetahui lebih rincinya berikut penjelasannya:

Pengertian Mukjizat

Mukjizat berarti tidak mampu melakukan sesuatu. Sedangkan menurut istilah syar'i nya mukjizat merupakan suatu kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada para nabi Nya, sebagai suatu tanda atau bukit kenabian Nya.

Mukjizat secara umum adalah suatu kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Nya.

Kemudian adapun arti lain dari mukjizat adalah suatu kejadian atau perkara yang tidak bisa di nalar atau diluar kemampuan akal manusia yang dilakukan oleh Allah SWT kepada para Nabi dan juga Rasul_Nya sebagai suatu pembuktian atau kebenaran mengenai kenabiannya pada manusia.

Nah jadi kesimpulannya bahwa mukjizat itu betul – betul kejadian yang sangat luar biasa, yang mungkin tidak semua hamba Allah itu mendapatkan mukjizat, hanya orang – orang pilihan Allah SWT lah yang bisa memperoleh mukjizat-Nya.

Macam – Macam Mukjizat

Ada beberapa macam mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mukjizat Kauniyah

Mukjizat kauniyah adalah suatu bentuk mukjizat yang berkaitan dengan peristiwa alam, contohnya adalah bulan dibelah menjadi dua yang mukjizat tersebut diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Kemudian laut merah yang dibelah oleh Nabi Musa as. menggunakan sebuah tongkat.

Mukjizat Syakhsiyyah

Mukjizat Syakhsiyyah adalah suatu mukjizat yang terjadi pada tubuh Nabi dan Rasul, contohnya yang terjadi pada Rasulullah Saw yang mampu mengeluarkan air dari celah jarinya. Kemudian cahaya yang memancar dari tangannya nabi Musa as. 

Sumber lengkap: https://www.fiqih.co.id/

Mukjizat Salbiyyah

Mukjizat Salbiyyah adalah suatu mukjizat yang membuat sesuatu itu menjadi tidak berdaya dan tidak mampu. Contohnya yang terjadi pada nabi Ibrahim yang tidak bisa dibakar ketika dibakar oleh raja Namrud.

Mukjizat Aqliyyah

Mukjizat Aqliyyah yaiu mukjizat yang rasional serta mukjizat yang masuk akal. Hanya ada satu contohnya yakni Al Qur’an.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Mukjizat & Macamnya. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂