Mengenal KPR dan Persyaratan Pengajuan KPR

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah KPR. Layanan ini disediakan oleh pihak perbankan untuk membantu pembiayaan berbagai properti yang memiliki kelengkapan dokumen, termasuk membeli perumahan di Depok.

Memiliki rumah dengan sistem pembayaran KPR terbilang mudah karena bisa membantu semua orang. Anda hanya perlu melengkapi berbagai persyaratan pengajuannya, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut.

Apa itu Kredit Pemilikan Rumah (KPR)?

Diartikan sebagai kredit yang disediakan oleh perbankan dan digunakan untuk pembayaran rumah dengan menggunakan jaminan atau agunan. Jaminan atau agunan yang digunakan tersebut berupa rumah yang akan dibiayai tersebut. Kini masyarakat luas menggunakan KPR untuk metode pembelian rumah yang paling mudah.

Cara kerja KPR yakni pihak bank memberikan pinjaman uang untuk rumah kemudian Anda membayarnya dengan dicicil. Tak lupa bunga yang disertakannya juga harus dibayar selama beberapa tahun ke depan.

Untuk pengajuan KPR perumahan di Depok biasanya pihak bank memberikan plafon dan masa tenor yang beragam. Ada yang memberikan pinjaman dengan maksimal plafon lebih dari Rp. 1 Miliar dimana tenornya juga mencapai 30 tahun.

Persyaratan Pengajuan KPR

Secara umum, persyaratan yang ditentukan oleh pihak Bank relatif mudah, baik dari sisi administrasi atau sisi penentuan kreditnya.

Pengajuan KPR mengharuskan Anda untuk melampirkan:

  1. KTP Suami dan Istri bagi yang sudah menikah.
  2. Kartu Keluarga.
  3. Slip Gaji atau Keterangan Penghasilan.
  4. Untuk Wiraswasta bisa memberikan Laporan Keuangan.
  5. NPWP Pribadi untuk kredit di atas Rp. 100.000.000.
  6. SPT PPh Pribadi untuk kredit di atas Rp. 50.000.000.
  7. Fotocopy sertifikat induk dan atau pecahan, jika membeli rumah dari developer.
  8. Fotocopy sertifikat bisa jual beli langsung dengan perorangan.
  9. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Dengan menggunakan sistem pembayaran KPR, Anda tidak harus menyediakan dana secara tunai untuk langsung membeli rumah. Hanya sediakan uang muka dalam jumlah tertentu untuk memulai pengajuan KPR.

Selain itu, KPR juga memiliki jangka waktu yang panjang dengan angsuran rutin yang dibayarkan dimana Anda memiliki ekspektasi peningkatan penghasilan.

Tak ada salahnya untuk mencoba membeli perumahan di Depok menggunakan sistem pembayaran KPR. Tertarik untuk mencobanya?