Ini Sistem Kuliah Kelas Karyawan yang Harus Anda Pahami

Saat ini bukan jamannya lagi untuk bermalas-malasan setelah menyelesaikan sekolah Menengah Atas, atau hanya pasrah dengan keinginan orang tua. Sebagai generasi penerus, Anda harus bisa membuat keputusan penting apakah akan meneruskan kuliah, atau langsung mencari pekerjaan. 

Jika pilihan Anda adalah ingin bekerja sambil kuliah, maka langkah yang harus diambil pertama kali adalah mencari kampus yang menyediakan kelas khusus yang bisa disesuaikan dengan jadwal kerja Anda. Kelas khusus ini biasanya memiliki sistem tersendiri yang berbeda dengan kuliah pada umumnya. Sistem-sistem tersebut diantaranya adalah: 

Jadwal Kuliah yang Fleksibel

Untuk bisa mewujudkan keinginan kuliah sambil bekerja, Anda bisa mendaftar di kampus yang menyediakan kelas khusus. Kelas ini dikenal dengan sebutan kelas karyawan dengan beberapa fasilitas yang memang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para mahasiswa yang mengikuti kelas ini. 

Salah satunya adalah dalam hal jadwal perkuliahan yang bisa disesuaikan dengan jadwal para mahasiswa yang notabene merupakan karyawan yang bekerja mulai dari pagi hingga petang.

Umumnya, jam efektif perkuliahan ini berbeda dengan kuliah di kelas reguler

Jika biasanya jadwal kuliah adalah 5 hari yaitu Senin-Jumat mulai dari pagi hingga sore hari, lain halnya dengan kuliah yang khusus ini. Ada kemungkinan jadwalnya tiga hingga empat kali seminggu mulai dari sore hingga malam hari. 

Atau, ada pula yang menjadwalkan perkuliahan di akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Bahkan, ada pula yang menawarkan kuliah dengan sistem online. Penentuan jadwal kuliah untuk kelas ini tergantung dari kebijakan masing-masing kampus. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi bentrokan antara jam kerja dengan jadwal kuliah. 

Materi Kuliah Selaras dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Jika Anda melihat situs goKampus.com, tidak hanya jadwalnya saja yang berbeda. Bahkan materi perkuliahannya pun menyesuaikan dengan kebutuhan seorang karyawan dalam dunia kerja. Dengan adanya materi yang linear dengan profesi, hal ini bisa menjadi salah satu modal Anda dalam pengembangan karir. 

Jika kemampuan Anda dalam menangani dan menyelesaikan setiap tugas kantor semakin meningkat. Bukan tidak mungkin hal tersebut membuat karir Anda meningkat pula, baik dalam hal jabatan maupun gaji yang diperoleh. Misalnya, mata kuliah manajemen, perpajakan, akuntansi, dan sebagainya. 

Lama Masa Studi yang Menyesuaikan

Untuk memudahkan calon mahasiswa yang bekerja sambil kuliah, sebagian kampus biasanya menawarkan lamanya waktu studi yang lebih singkat dibandingkan dengan kuliah kelas reguler. Alasannya adalah, para mahasiswa tersebut memutuskan untuk kuliah di sore hari setelah bekerja karena ingin meraih  jenjang karir yang lebih tinggi.  

Hal ini tergantung dari jumlah SKS yang Anda ambil atau jenjang pendidikan dan ijazah yang Anda sudah miliki sebelumnya, baik itu ijazah diploma I, II, atau diploma III. Caranya adalah dengan menyesuaikan mata kuliah yang pernah dipelajari. Adakalanya pihak kampus mengharuskan untuk mengulang kembali mata kuliah tertentu dan ada pula yang tinggal meneruskan ke tingkat lanjutannya.  

Nominal Pembiayaan yang Lebih Besar

Menyandang predikat khusus sebagai kelas karyawan, tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan kuliah di kelas reguler. Salah satunya adalah dalam hal biaya kuliah yang harus Anda bayar. Dengan adanya ketentuan ini, tentunya Anda harus memiliki persiapan yang matang agar bisa tetap kuliah dengan lancar dan tenang. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kelas khusus yang satu ini memiliki sistem yang berbeda sehingga biayanya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kelas reguler. Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal ini, Anda bisa langsung membuka situs goKampus.com, gudangnya informasi semua hal yang berkaitan dengan kampus dan perkuliahan.