Cara Belajar Efektif dengan Orang Lain dan Teman Kelompok

Hasil gambar untuk soal cpns tersulit

Mungkin kalian akan bertanya memangnya belajar dengan orang lain efektif? Bukankah malah jatuhnya ngobrol dengan orang tersebut dan tidak jadi belajar? Sebelumnya coba kamu bayangkan berada di kelas dengan seorang guru fisika.

Kemudian guru fisika tersebut mengajarkan ke muridnya mengenai hukum newton. Banyak murid di kelas tersebut memandangnya dengan mata kosong karena tidak paham materi yang diajarkan guru tersebut, atau mungkin juga karena guru fisika yang passion tadi terlalu asik dengan dirinya dan tidak memunculkan interaksi dengan murid murid yang diajar.

Guru fisika tersebut sebenarnya sangat bersemangat dalam mengajar dan menyukai fisika yang membuatnya ingin menjadi guru. Tapi di saat yang sama guru tadi tidak membagikan apa yang membuatnya menyukai fisika dengan murid didikannya, passion yang ingin diberikan ke murid yang lain.

Hasil gambar untuk soal cpns tersulit

Sama halnya dengan mencoba belajar suatu materi seseorang harus paham dulu mengenai materi yang ingin diajarkan. Baik itu belajar soal ujian kerja, soal ujian cpns maupun tes sehari-hari, semua sama.

Saat seseorang dapat menjelaskan hal paling rumit menjadi pembahasan sesederhana mungkin kepada orang awam, dari situ kamu bisa mengatakan kalau seseorang tersebut sudah paham dengan materi tadi.

Saat belajar pun hukum yang sama berlaku. Saat kamu mulai belajar materi pelajaran baru. cara paling mudah untuk mengimplementasikan rumus rumus tadi yaitu dengan mengajarkannya ke orang lain. Dari situ kamu akan memaksa melatih dirimu sendiri untuk bisa menjelaskannya dengan cara sesederhana mungkin ke orang lain.

Karena untuk menjelaskan hal sederhana walaupun rumit tadi ke orang lain kamu harus paham mengenai materinya. Sewaktu berjalan tadi kamu juga akan memiliki pemahaman yang lebih lanjut dengan materi tadi.

Hubungan interaktif mengajari dan diajari dalam belajar bersama tadi yang akan membantumu dan teman temanmu memahami materi lebih dalam.

Itulah kenapa beberapa tokoh terkenal mengatakan bahwa arti pendidikan adalah bukan mengenai belajar tentang fakta tetapi lebih kepada melatih otak seseorang untuk dapat berpikir dengan rasional. Bagaimana cara seseorang dapat mengasah pikirannya menjadi pemikir yang lebih baik.