Alasan Orang Mematikan Centang Biru WA

Kamu pengguna WhatsApp? Pasti nggak asing kan dengan centang biru?

Centang biru adalah sebuah fitur penanda di WhatsApp bahwa orang tersebut sudah membaca pesan yang kamu kirim. Biasanya ada beberapa orang yang tidak mengaktifkan fitur tersebut. Alasannya? Beragam.

Nah kali ini kami akan mencoba menganalisis beragam kemungkinan kenapa beberapa orang mematikan centang biru di WA. Eits, buat kamu yang termasuk golongan orang “kenapa sih dimatiin centang birunya? Ngeselin!” mending ditahan dulu deh. Mungkin saja ada alasan kuat yang mendasari mereka, kenapa centang birunya dimatikan. Yuk simak sampai tuntas!

Takut Membuat Orang Lain Kecewa

Alasan kenapa centang biru dimatikan yang pertama adalah karena takut membuat orang lain kecewa. Hah kok bisa?

Orang-orang terkadang lupa ada chat yang menanti untuk dibalas. Ada juga orang yang punya kebiasaan membalas chat dalam hati. Karena kebiasaan-kebiasaan ini, membuat orang-orang menjadi berpikiran negatif dan kecewa.

Pengirim pesan akan merasa bahwa:

  • “aduh kok nggak dibalas sih? Apakah aku salah ngomong?”,
  • “apakah chatku tidak penting sehingga tidak dibalas?”,
  • “Balesnya lama banget sih? Apakah dia mengabaikanku?”

Padahal penerima pesan hanya lupa membalas ataupun sedang menyelesaikan sesuatu. Tetapi karena sudah ada centang yang berubah menjadi biru, pengirim pesan menjadi berharap bahwa akan mendapat balasan.

Takut Kecewa

Alasan kenapa centang biru dimatikan yang kedua adalah karena takut kecewa. Hehehe.

Kecewa itu timbul ketika harapan yang kita buat lebih indah dibanding kenyataan yang terjadi. Biasanya ketika sedang berkirim chat, kita berharap bahwa penerima akan membalas chat kita dengan secepat kilat. Padahal kan belum tentu, bisa saja mereka sedang sibuk. Nah untuk mengatasi itu, kenapa nggak centang birunya dimatikan saja? Dengan begitu kita akan beranggapan bahwa pesan belum dibaca dan kita sebagai pengirim tidak perlu menantikan balasannya.

Alasan orang mematikan centang biru WA yang satu ini sering banget dirasakan oleh mereka-mereka yang sedang menjalin hubungan.

Silent Views

Kenapa orang mematikan centang biru di WA adalah karena menjadi silent views. Apa sih silent views itu? Silent views adalah orang yang suka melihat status di WhatsApp tetapi tidak pernah komentar atau tidak ingin terlihat.

Oh iya, mematikan centang biru di WhatsApp juga membuat profilmu tidak terlihat melihat story seseorang. Jadi orang yang punya status tidak paham, apakah kamu sudah melihat storynya atau belum.

Inilah alasan kenapa orang mematikan centang birunya, yaitu supaya nggak kelihatan bahwa sebenarnya dia adalah pribadi yang kepo. Iyakan? Hayo ngakuu!

Meminimalisir Stress

Alasan kenapa mematikan centang biru yang keempat adalah untuk meminimalisir stres. Hal ini biasanya adalah alasan orang-orang yang nggak suka di spam chatnya, misalnya HG(HRD) sebuah perusahaan.

Tahukah kalian bahwa chat WhatsApp HG adalah chat WhatsApp yang paling ramai? Banyak orang yang chat untuk bertanya tentang lowongan dan melakukan follow up lowongan pekerjaan. Nah ada beberapa tipe orang yang nggak sabaran untuk menunggu giliran chatnya dibalas, alhasil spam. Spam inilah yang membuat banyak HG mematikan centang biru di WhatsAppnya. Sehingga pengirim pesan akan beranggapan bahwa HG belum membaca pesannya.

Nah itu dia alasan kenapa orang mematikan centang biru di WA, kamu juga bisa membaca artikel menarik lainnya di madureh.com. Jadi buat kamu, jangan buru-buru suudzon dulu yah!